Search

Memuat...

Jumat, 20 Januari 2012

Contoh Laporan Kunjungan Industri


PT. KEDAULATAN RAKYAT
Oleh :AGUS TRIYANTO 11522221


PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
YOGYAKARTA
2011


KATA PENGANTAR
     Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas izinnya saya dapat mengerjakan dan menyelesaikan Laporan kunjungan Industri di PT. Kedaulatan Rakyat.
Laporan ini berisikan tentang sejarah berdirinya PT. Kedaulatan Rakyat.

Saya menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan laporan ini.

Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan laporan ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.

                                                                        Yogyakarta,09 Desember 2011





 A.LATAR BELAKANG

       Kunjungan Industri merupakan rangkaian kegiatan dari Ajang Kreatifitas dan Silahturahmi Teknik Industri (AKSI TI). Suatu  kegiatan yang diadakan rutin setiap tahun oleh Teknik Industri. Dalam rangkaian kegiatan AKSI TI Camp tahun ini selain camping dan outbound yang berlokasi di Gunung Lawu, terdapat juga rangkaian kegiatan kunjungan industri yaitu berkunjung ke PT. Kedaulatan Rakyat (surat kabar) dan CV. Karya Hidup Sentosa yang merupakan pabrik traktor (Quick).

Disini saya mengunjungi PT. Kedaulatan Rakyat yang berlokasi di Jalan P.Mangkubumi no 40-46 Yogyakarta.
Untuk mengetahui bagaimana cara produksi dalam pabrik, dan merumuskan masalah yang ada di perusahaan tersebut.

Di pabrik ini saya melihat beberapa percetakan/cara mereka melakukan proses pembuatan surat kabar dan kantornya. Dalam kunjungan industri ini saya akan mereview kembali sejarah berdirinya PT. Kedaulatan Rakyat yang berada di Yogyakarta.

 B.TUJUAN
            
           Pemecahan masalah yang terdapat di PT. Kedaulatan Rakyat (pabrik koran) tersebut. Pertama yang saya lihat adalah lingkungan kerja yang kurang di perhatikan (kotor), tempat bahan baku yang kurang memadai, ditempatkan tidak pada tempat yang layak atau tidak ditempatkan disebuah ruangan khusus untuk penyimpanan bahan baku tersebut. Dari beberapa yang saya perhatikan adalah dari segi keamanan kerja yang kurang, contohnya pekerja yang tidak memakai peralatan yang memadai/keselamatan kerja.
Dan suhu ruangan yang tinggi menurut saya dapat mengganggu proses kerja para pekerja dan dapat mempengaruhi hasil akhir dari produksi koran tersebut.
           

C.SEJARAH BERDIRI
           
       Kedaulatan Rakyat adalah sebuah industri perusahaan yang bergerak dibidang jurnalistik yang didirikan oleh “H.Samawi (1913-1984) dan H.Soemadi Martono Wonohito (1912-1984)”. Mereka berdua adalah mantan wartawan  surat kabar Jepang yaitu “Sinar Mati”.

      Kedaulatan Rakyat adalah surat kabar harian yang diterbitkan di Yogyakarta sejak 27 september 1945. Nama harian “Kedaulatan Rakyat” sendiri diambil dari UUD 1945 alinea ke 4, Kedaulatan Rakyat (KR) diresmikan oleh Menteri Penerangan Bapak Harmosa pada tanggal 27 september 1985. 
           
      Pertama kali diterbitkan Kedaulatan Rakyat hanya memiliki 16 halaman kemudian berkembang sampai memiliki 24 halaman dan oplahnya naik menjadi 12.500 Eksemplar.
          
      Koran Kedaulatan Rakyat terbit pada masa penjajahan Jepang yang dulunya koran ini sempat dicekal oleh pihak penjajah karena para penjajah khawatir pemberitaan yang disuguhkan oleh Kedaulatan Rakyat akan mempengaruhi rakyat untuk menentang penjajah.
           
      Koran Kedaulatan Rakyat adalah koran kedua yang pernah dicekal oleh pihak penjajah. Sebelumnya adalah koran berbahasa Jawa yang pernah dicekal. Lalu pihak penjajah (Jepang) membuat surat kabar bernama “Sinar Matahari”. Isi dari koran tersebut adalah pemberitaan yang semuanya berpihak pada penjajah dan berusah mencoba mencuci otak penduduk pribumi dengan pemberitaan-pemberitaannya.
           
      Namun berkat kegigihan dari para pemrakarsanya, koran Kedaulatan Rakyat (KR) masih dapat kita baca dan nikmati sampai sekarang.
Menurut salah satu sumber mengatakan bahwa koran Kedaulatan Rakyat terdapat di posisi ke 6 untuk para pembacanya se-Indonesia karena mencapai 660.000 koran yang di baca setiap harinya.

D. TENTANG KEDAULATAN RAKYAT

      Kedaulatan Rakyat merupakan surat kabar lokal Yogyakarta yang terbit setiap harinya. Di bawah Naungan PT.BP. Kedaulatan Rakyat Group, Kedaulatan Rakyat memiliki berbagai media diantaranya media cetak dan media online sebagai sarana informasi berita. Kedaulatan Rakyat memiliki berbagai konten berita yang terdiri dari Yogyakarta, Jawa Tengah ,Nasional, Internasional, eksbis, pendidikan, sport, lifestyle, wisata , teknologi dan konten konsultasi penanggalan


     Dalam pendistribusiannya koran Kedaulatan Rakyat didistriusi ke berbagai daerah sekitar Yogyakarta dan ada 9 kota yang mendapat distribusi koran Kedaulatan Rakyat antara lain yaitu Jogja, Gunung Kidul, Bantul, Magelang, Purworejo dan 4 kota lainnya.  Kedaulatan Rakyat juga mendistribusikan koran-korannya keluar daerah yaitu Jawa Tengah dan Jakarta yang khususnya dipesan oleh Badan Legislatif yatiu DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) sebanyak 1000 eksemplar perharinya.
         
      Dalam pengerjaannya koran Kedaulatan Rakyat memproduksi dengan dua tahap pengerjaan, yaitu pada tahap awal dimulai dari jam 5 sore sampai dengan jam 8 malam untuk bagian pembuatan berita dan pengeditan beritanya. Kemudian pada tahap akhir yang dimulai  jam 11 malam sampai jam 2 pagi untuk bagian percetakan dengan total pekerja 20 hingga 21 orang yang terbagi menjadi 8 orang di tahap awal dan 10 sampai 11 orang ditahap akhir. Pendistribusian koran dimulai dari jam 2.30 pagi sampai jam 4 pagi.
           
      Proses pembuatan koran Kedaulatan Rakyat (KR) diawali dengan pengumpulan berita, pengeditan, pencetakan  pada aluminium yang dilakukan di Mangku Bumi, kemudian di kirim ke Jogja dan di proses sampai akhirnya dicetak menjadi surat kabar.
      
      Ada beberapa macam jenis mesin yang dipakai dalam pencetakan, yaitu  goss, magnum dan uniman. Jika terdapat kerusakan pada mesin-mesin dipabrik, waktu yang digunakan untuk memperbaikinya adalah siang hari. Karena pencetakan koran dilakukan pada malam hari, maka pada siang harinya dilakukan pengecekan kondisi mesin-mesin percetakan di pabrik.

 E. RUMUSAN MASALAH

  • Apakah keadaan lingkungan disekitar pabrik sudah cukup bersih?
  • Terganggukah para pekerja pada sirkulasi udara yang kurang baik diruang kerja tersebut?
 F. SOLUSI
            
1.Sepertinya dalam masalah lingkungan yang kurang bersih menurut saya mengatasinya cukup mudah, hanya saja butuh perhatian khusus/lebih bagi para pangurus bagian kebersihan, hanya kurang diperhatikan saja.

2.Dari hasil kunjungan industri yang telah saya lakukan yang mengangkat sedikit masalah tentang sirkulasi udara pabrik yang kurang baik, ada beberapa faktor penyebab sirkulasi udara di pabrik kurang baik yaitu:    
            
             1.   Tempat yang kurang spesifikan                      
             2.   Mesin yang menimbulkan panas 
             3.   Kapasitas percetakan yang kurang luas/lebar              



       Jika sirkulasi udara masih belum maksimal, dapat menggunakan system pembuatan katup udara  agar udara dapat bersikulasi dengan baik, walaupun pengaruhnya tidak terlalu besar. Ventilasi exhaust electric fan, yaitu exhaust fan yang penggeraknya menggunakan tenaga listrik, menggunakan cara seperti ini dapat membuat udara bersikulasi dengan baik, namun perlu dipertimbangkan dari segi biaya listrik dan perawatannya. Turbin Ventilator adalah sejenis exhaust fan yang digerakan oleh tenaga angin dan dipasang pada atap dengan tujuan agar panas yang berada didalam ruangan ditarik keatas.
           



Tidak ada komentar :

Poskan Komentar