Search

Memuat...

Minggu, 22 Januari 2012

Apa itu SKS Dalam Kuliah ?

Apa itu SKS Dalam Kuliah ?


SKS = Sistem Kredit Semester

Setauku sks yang untuk kuliah itu seperti beban atau bobot yang dikenakan pada setiap mata kuliah. 
Beban atau bobot itu = durasi waktu yang harus kita luangkan untuk mata kuliah tersebut, cth seperti ini:
1 sks = durasi 50 menit untuk suatu mata pelajaran
2 sks = durasi 2 x 50 menit untuk suatu mata pelajaran

Jadi contohnya mata kuliah FISIKA memiliki 3 sks,
jadi dalam 1 minggu aku belajar FISIKA selama:
- 3 x 50 menit = 150 menit (2,5 jam). 150 menit ada yang dihabiskan dalam 1 hari atau bisa juga 2 hari atau 3 hari.

Contoh kuliah FISIKA selama 1 hari dalam seminggu:
- Hari jumat mulai jam 10.00 - 12.30 (150 menit)
Contoh kuliah FISIKA selama 2 hari dalam seminggu:
- Hari selasa mulai jam 10.00 - 10.50 (50 menit)
- Hari kamis mulai jam 09.00 - 10.40 (100 menit)
Contoh kuliah FISIKA selama 3 hari dalam seminggu:
- Hari senin mulai jam 10.00 - 10.50 (50 menit)
- Hari kamis mulai jam 09.00 - 09.50 (50 menit)
- Hari sabtu mulai jam 11.00 - 11.50 (50 menit)

Di univ tempatku kuliah 1 semester itu = 14 minggu. Jadi selama 14 minggu, dalam 1 minggu itu aku belajar FISIKA selama 150 menit. Kalo 14 minggu = 14 x 150 menit.

Setiap mata kuliah SKS-nya beda2. Ada yang cuma 1 SKS, ada yang 2 SKS, paling gede sih 4 SKS.

Jadi kalo mau ambil mata kuliah aku harus punya jatah SKS dari fakultas, dan jatah SKS tiap semester itu beda tergantung nilaiku.

Misal pada semester 1 nilaiku (Index Prestasi / IP) = 3,5. Maka aku dapat jatah total 24 SKS untuk semester berikutnya (semester 2).

Kalo pada semester 2 nilaiku = 2,5. Maka aku dapat jatah total 20 SKS untuk semester berikutnya (semester 3).

Kalo pada semester 5 nilaiku = 1,1. Maka aku dapat jatah total 14 SKS untuk semester berikutnya (semester 6).

Semakin rendah nilaiku semakin sedikit SKS yang ku dapat untuk semester depan.

Kalo pada semester 5 nilaiku = 1,1. Maka aku dapat jatah total 14 SKS untuk semester berikutnya (semester 6). Misal sekarang semester 6 dan aku cuma punya jatah 14 SKS maka aku bisa ngambil mata kuliah cuma dikit, contoh:
Mata kuliah ku pada semester 6:
- FISIKA 3 SKS
- PPKN 2 SKS
- BIOLOGI 4 SKS
- INGGRIS 3 SKS
- KIMIA 2 SKS
________________ +

TOTAL = 14 SKS

Ya udah itu aja mata kuliahku untuk semester 6, padahal aku mau ngambil mata kuliah agama(2 SKS) dan bahasa indonesia (3 SKS), tapi ga bisa dan pasrah karena jatahku gak cukup. Itu yang bisa bikin kuliah jadi lama, karena aku harus nunggu semester depan untuk ngambil 2 mata kuliah tadi, padahal semester depan ada mata kuliah lain yang lebih penting yang harus ku ambil.

Makanya usahakan dapat nilai bagus supaya bisa dapat jatah SKS yang banyak pada semester berikutnya. Kalo aku cara ngaturnya, jangan ambil mata kuliah yang susah semua dalam 1 semester, tapi disusupi dengan mata kuliah yang lebih mudah untuk dapat nilai tinggi. Trus juga perhatikan mata kuliah yang beralur.

Trus untuk setiap mata kuliah kan kita akan dikasih nilai, nilainya itu berkisar antara A mpe E.
A = Baik sekali = 4 poin
B = Baik = 3 poin
C = Cukup = 2 poin
D = Kurang = 1 poin
E = Kurang sekali = 0 poin

Jadi misal semester 6 hasil yang kudapat adalah
- FISIKA dapat A = 3 SKS x 4 = 12
- PPKN dapat B = 2 SKS x 3 = 6
- BIOLOGI dapat E = 4 SKS x 0 = 0
- INGGRIS dapat C = 3 SKS x 2 = 6
- KIMIA dapat A = 2 SKS x 4 = 8
____________________________+

Total nilai = 12 + 6 + 0 + 6 + 8 =32

Nilaiku :
Nilai total dibagi total SKS = 32 dibagi 14 = 2,28
dengan nilai 2,28 aku dapat jatah 20 SKS untuk semester depan. Pembagian jatah SKS biasanya tergantung tiap2 univ.

Moga membantu.. 
Aku capek ngetik ini semua, ga kerasa, keasikan, mau membatalkan tapi terlanjur ngetik banyak..

2 komentar :